Big Think, Love & Success!!

.

Rabu, 22 Agustus 2012

Latihan KONSENTRASI (2)

Oleh. Ari Wahyono, S.Pd.T, CHt, CNLP

Baik, saya berharap sudah membaca step 1. Baik latihan berikutnya adalah dengan memfasilitasi modalitas kita (VAK Based). Berbasis modalitas kita dapat berlatih konsentrasi. Berikut latihannya.

1. Visual Based (Berdasar pengindera VISUAL/Penglihatan)

Banyak cara, namun berikut saya berikan contoh saja. Pada latihan ini kita melatih konsentrasi kita mengendalikan pandangan kita. Mengamati Objek, Mendetailkan Visualisasi dan menangkap informasi berupa data - info visual seperti gambar, video maupun sebuah kejadian. Bagi yang terlatih maka informasi yang akan kita peroleh akan lebih banyak.
Ambil lembar kertas kosong ukuran A3 atau A4, ambil spidol. Kemudian buatlah sebuah titik kecil tepat ditengah kertas. kemudian tempelkan kertas ini pada dinding.
Lakukan latihan dengan memusatkan pandangan anda dari jarak 1 m-1,5 m. Pandang titik itu 10-15 menit. dan buat asosiasi bahwa anda berada di sebuah pintu lorong dan titik pusat itu ujung pandangan. Lakukan 10 menit tiap hari. latihan ini berhasil ketika anda bisa memusatkan kendali pandangan anda hanya pada titik itu. meskipun pada saat itu ada informasi visual di kanan kiri titik itu.
Tahap berikutnya, gunakan gambar bantu, misalkan ini :


anda bisa berhasil jika berhasil mengatasi gangguan visual yang tidak penting. Kendalikan kesadaran  pandangan anda untuk hanya melihat sebuah titik di tengah spiral tersebut.

2. Auditori Based

Pilihlah waktu hening ketika kita masih dengan mudah memusatkan konsentrasi. Kemudian, alangkah baiknya jika anda latihan berada di tempat yg tenang.
Latihannya sebagai berikut,
Pilih posisi yang paling santai. Aturlah nafas anda sampai keadaan teratur, dan anda merasakan udara nafas anda sendiri.
Latihan dilanjutkan dengan mengenali, menyadari, mengidentiikasi. Pasang indera  pendengaran anda, dan lakukan 'search' dan pusatkan semua konsentrasi pada indera pendengaran anda.
Dengarkan dan dengarkan. Lakukan identifikasi, dan tingkatkan. Sampai anda bisa mendengar detak jantung anda sendiri, nafas orang lain, dan langkah gesekan, hembusan angin dan seterusnya. Jika dalam satu saat kita berhasil memilah 30-50 suara maka kepekaan konsentrasi anda dalam auditori telah mengalami peningkatan..


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, pastikan tidak mengandung unsur negatif, SARA, menyinggung. Tujuan yang baik akan sempurna dikemas dengan ungkapan yang baik pula. Terimaksih